Selasa, 08 Maret 2011

Kajian Kritis


HASIL KAJIAN KRITIS

A.    Identitas
Judul              :  Model Pembelajaran Cooperative Tipe Learning Jigsaw
Sumber          :  http://nurmanspd.wordpress.com/2009/09/06
B.     Ringkasan isi.
Jigsaw pertama kali dikembangkan dan diujicobakan oleh Elliot Aronson dan teman-teman di Universitas Texas, dan kemudian diadaptasi oleh Slavin dan teman-teman di Universitas John Hopkins (Arends,2001). Teknik mengajar Jigsaw dikembangkan oleh Aronson et. al. sebagai metode Cooperative Learning. Teknik ini dapat digunakan dalam pengajaran membaca, menulis, mendengarkan, ataupun berbicara.
           Dalam teknik ini, guru memperhatikan skemata atau latar belakang pengalaman siswa dan membantu siswa mengaktifkan skemata ini agar bahan pelajaran menjadi lebih bermakna. Selain itu, siswa bekerjasa-ma dengan sesama siswa dalam suasana gotong royong dan mempunyai banyak kesempatan untuk meng-olah informasi dan meningkatkan keterampilan berkomunikasi.
           Pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw adalah suatu tipe pembelajaran kooperatif yang terdiri dari beberapa anggota dalam satu kelompok yang bertanggung jawab atas penguasaan bagian materi belajar dan mampu mengajarkan materi tersebut kepada anggota lain dalam kelompoknya (Arends, 1997).
          Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw merupakan model pembelajaran kooperatif dimana siswa belajar dalam kelompok kecil yang terdiri dari 4 – 6 orang secara heterogen dan bekerja sama saling ketergantungan yang positif dan bertanggung jawab atas ketuntasan bagian materi pelajaran yang harus dipelajari dan menyampaikan materi tersebut kepada anggota kelompok yang lain (Arends, 1997).
           Jigsaw didesain untuk meningkatkan rasa tanggung jawab siswa terhadap pembelajarannya sendiri dan juga pembelajaran orang lain. Siswa tidak hanya mempelajari materi yang diberikan, tetapi mereka juga harus siap memberikan dan mengajarkan materi tersebut pada anggota kelompoknya yang lain. Dengan demikian, “siswa saling tergantung satu dengan yang lain dan harus bekerja sama secara kooperatif untuk mempelajari materi yang ditugaskan” (Lie, A., 1994).
          Para anggota dari tim-tim yang berbeda dengan topik yang sama bertemu untuk diskusi (tim ahli) saling membantu satu sama lain tentang topic pembelajaran yang ditugaskan kepada mereka. Kemudian siswa-siswa itu kembali pada tim / kelompok asal untuk menjelaskan kepada anggota kelompok yang lain tentang apa yang telah mereka pelajari sebelumnya pada pertemuan tim ahli.
          Pada model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, terdapat kelompok asal dan kelompok ahli. Kelompok asal yaitu kelompok induk siswa yang beranggotakan siswa dengan kemampuan, asal, dan latar belakang keluarga yang beragam. Kelompok asal merupakan gabungan dari beberapa ahli. Kelompok ahli yaitu kelompok siswa yang terdiri dari anggota kelompok asal yang berbeda yang ditugaskan untuk mempelajari dan mendalami topik tertentu dan menyelesaikan tugas-tugas yang berhubungan dengan topiknya untuk kemudian dijelaskan kepada anggota kelompok asal.



C.   Komentar/ Pendapat.
       1. Bahasa
Bahasa yang digunakan pada makalah dengan judul “ Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Teknik Jigsaw dalam Pembelajaran “ cukup bagus dan mudah dimengerti.Gagasan yang disampaikan tersusun dengan baik dan sistematis.Tetapi ada hal yang terasa mengganggu terutama kesalahan pada judul yaitu kata TIPR seharusnya tertulis TIPE.
2.  Identifikasi Informasi Awal
Informasi awal yang dipaparkan menggiring pembaca untuk tertarik membaca paparan-paparan selanjutnya.Hal yang disampaikan sesuai dengan kenyataan dilapangan walaupun tidak seluruhnya benar.Misalnya tentang kegiatan pembelajaran di dalam kelas yang selalu didominasi guru.Kenyataannya tidak semua guru mendominasi kegiatan pembelajaran di kelas.Ada sebagian guru yang mulai menerapkan model-model pembelajaran secara bervariasi walaupun jumlahnya masih sedikit.
       3.Telaah Informasi.
Informasi yang disampaikan cukup bagus dan meyakinkan karena didukung dengan pendapat-pendapat para ahli yang tidak diragukan lagi kualitas keilmuannya.Apa yang disampaikan sangat bermanfaat bagi guru untuk memperkaya pengetahuan tentang model maupun teknik pembelajaran sebagai upaya untuk meningkarkan kualitas pendidikan di Indonesia.
3.  Informasi Isi.
Model Pembelajaran CooperativeLearning Teknik Jigsaw dapat menjadi salah satu alternatife dari berbagai teknik pembelajaran yang ada.Banyak hal positif yang dapat diperoleh dari teknik ini .Siswa tidak hanya dipacu kemampuan intelektualnya tetapi juga dilatih kepekaan sosialnya.Karena dalam pembelajaran kooperatif,belajar dikatakan belum selesai jika salah satu teman dalam kelompok belum menguasai materi pelajaran.Siswa bekerjasama dengan siswa lain dalam suasana gotong royong dan mempunyai banyak kesempatan untuk mengolah informasi dan meningkatkan ketrampilan berkomunikasi.
Masing-masing siswa mempunyai tanggung jawab untuk menyampaikan materi yang dipelajarinya kepada siswa lain dalam satu kelompok asal.Namun demikian tidak semua materi pelajaran cocok menggunakan teknik ini.Materi yang cocok adalah materi yang secara alami dapat dibagi menjadi beberapa bagian materi pembelajaran.Sesuai dengan ciri jigsaw dimana siswa belajar dalam kelompok kecil yang terdiri dari 4-6 orang secara heterogen,kita akan mengalami kesulitan apabila jumlah siswa dengan jumlah materi setelah dibagi tidak pas.
Contohnya jika murid kita 32 siswa sedangkan materi pembelajaran yang akan dicapai sesuai dengan tujuan pembelajaran terdiri dari 5 bagian materi pelajaran,maka dari 32 siswa ada 5 kelompok ahli jika beranggota 6 orang ada 2 siswa yang tidak memperoleh kelompok..jika beranggota 7 orang kurang 3 siswa.Oleh sebab itu sebelum menentukan teknik pembelajaran apa yang sakan kita gunakan kita harus betul-betul mengkaji secara mendalam agar kegiatan pembelajaran yang kita laksanakan dapat berlangsung dengan baik.
                                                                                            Dikaji oleh :   SRI HIDAYATI UUTI
                                                                                                                   SD Negeri Kembang 1
                                                                                                                             KKG IV Bondowoso

Tidak ada komentar:

Posting Komentar