Senin, 14 Maret 2011

Artikel Bermutu


                             BERMUTU Tanpa ICT…..  NONSENSE !!!
Oleh : Dwi Suwarnaning Tyastutik
Era globalisasi sudah melanda bangsa kita, sudah mewabah bagai virus yang menyebar tanpa dapat dikontrol. Ini memang keadaan yang tidak bisa kita tolak begitu saja, ibarat banjir bandang yang datang tak diundang. Jika kita tidak siap menerima kedatangannya maka hanya ada dua kemungkinan, kita mati tenggelam atau terikut arus tanpa tahu akan terdampar di mana.
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang cukup pesat seharusnya tidak menyeret kita pada titik apatis. Sebagai guru yang berada di ujung tombak perkembangan dan peningkatan mutu pendidikan sebenarnya harus bisa menyiapkan diri menerima perkembangan itu. Perhatian Pemerintah terhadap hal tersebut sudah tidak kurang-kurang seperti melalui Pelatihan ICT Jardiknas, BSE yang bisa diunduh dengan gratis hingga pemberian bantuan fasilitas internet yang mendukung. Namun semuanya kembali kepada kita masing-masing sebagai personal pendidikan, apakah kita sudah berbenah menyiapkan diri untuk itu atau kita hanya diam terpaku tetap berada pada zona nyaman kita.
GURU GAPTEK merupakan julukan yang tidak pantas lagi kepada kita para tenaga pendidik. Kita semua harus menghapus hal itu dengan mulai mempelajari iptek atau ICT khususnya bidang computer, paling tidak kita jangan ketinggalan kereta, jangan sampai kita tidak bisa menjawab pertanyaan anak didik terkait dengan informasi yang mereka terima melalui internet. Kita harus sudah bisa mengoperasikan computer, paling tidak sudah bisa menyimpan RPP kita dalam Microsoft word atau memasukkan data nilai raport siswa dalam micosoft excel.
Program DBL BERMUTU atau Better Education through Reformed Management and  Universal Teacher Upgrading yang mulai digelontorkan sejak tahun 2009 sebenarnya dapat kita jadikan sebagai ajang pengembangan potensi kita sebagai pendidik yang profesional. Di antara 19 kali kegiatan pertemuan pada tahun pertama ada 2 kegiatan yang dikhususkan untuk mempelajari ICT, kegiatan ini harus benar-benar kita manfaatkan karena kapan lagi kita bias belajar ICT dari ahli yang memang cukup professional, gratis lagi !!!.
Mempelajari sesuatu hal yang baru seperti halnya mempelajari computer benar-benar sesuatu yang sangat menyenangkan. Berdasarkan pengalaman penulis, setelah pelaksanaan ICT 1 dan 2 ternyata guru peserta sangat antusias untuk belajar, apalagi belajar bersama, sehingga ada yang menginginkan program pembelajaran ini terus dilanjutkan agar mereka bisa trampil mengoperasikan computer.
Program BERMUTU memang telah membawa angin segar bagi kita guru peserta KKG untuk dapat meningkatkan potensi diri agar lebih profesional. Selain memberikan kesempatan kepada  guru peserta KKG untuk mempelajari ICT, program BERMUTU juga membawa banyak perubahan positif kepada khususnya ketua KKG penerima DBL ini. Dalam kurun waktu yang cukup singkat  (belum genap setahun) berdasarkan hasil pengamatan penulis, ketika pertama kali kami ketua KKG bertemu dalam sosialisasi Program BERMUTU dan pembuatan proposal, penulis lihat cukup banyak diantara kami yang belum bisa mengoperasikan computer. Tetapi ketika pada bulan November 2010 yang lalu kami bertemu kembali dalam pembekalan penyusunan laporan dan pengkajian program BERMUTU, ternyata sudah banyak diantara kami telah mahir mengoperasikan computer dan jangan heran bahwa laptop yang mereka bawa ternyata milik mereka sendiri. Fantastis !!!
Mahir mengoperasikan computer memang hal yang wajib bagi kami terutama bagi pengurus inti KKG karena kita dituntut menggunakannya dalam pembuatan proposal maupun penyusunan laporan keuangan dan kegiatan, termasuk juga tagihan-tagihan yang harus dilaporkan dalam bentuk softcopy serta printout, belum lagi laporan khusus kepada konsultan BERMUTU yang dikirim melalui email. Bayangkan jika kami tetap Guru Gaptek, apa jadinya ??? Nonsense bukan ???


Bersyukurlah kita guru yang bisa terpilih menjadi anggota KKG Program Bermutu karena tidak sedikit yang merasa iri kepada kita, bahkan dari sekian kabupaten di Jawa Timur hanya 8 kebupaten yang  mendapatkan program ini. Marilah kita benar-benar memanfaatkan program ini untuk dapat meningkatkan kemampuan dan profesionalisme kita sebagai tenaga pendidik agar tujuan akhir dari program BERMUTU untuk meningkatkan kualitas pendidikan akan dapat terwujud. Hanya kita yang bisa mewujudkannya. Kita tidak akan dapat berubah jika kita tidak mengubahnya. Let’s we were made to do great things with BERMUTU !!!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar